Cara Memilih Kambing Aqiqah yang Bagus dan Baik

jasa aqiqah

Ketika seorang anak lahir dalam Islam, maka umat muslim pun disunahkan untuk menyelenggarakan aqiqah sebagai bentuk syukur atas kelahiran anak. Aqiqah merupakan proses menyembelih hewan di hari ketujuh setelah anak lahir. Pelaksanaan aqiqah ini sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Untuk acara aqiqah ini pun biasanya dilengkapi dengan prosesi lain. Seperti mencukur rambut bayi dan memberikan nama untuk anak. Hukum menyelenggarakan aqiqah adalah sunah muakkad, yang artinya hal tersebut harus diutamakan. Yang mana berdasarkan dalil seperti berikut ini, “Dari Samurah bin Jundab dia berkata : Rasulullah bersabda : Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama.” (Shahih, Hadits Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81, dan lain-lainnya).

5 Tips Memilih Kambing Aqiqah yang Bagus

Dalam pelaksanaan ibadah aqiqah ini pun terdapat banyak rangkaian yang harus diperhatikan secara saksama. Diantaranya adalah waktu pelaksanaan kapan. Apakah ingin di hari ke-7, ke-14 atau ke-21. Selanjutnya juga harus mempertimbangkan dengan baik hewan ternak untuk disembelih. Umumnya, hewan ternak yang disembelih adalah kambing atau domba. Untuk jumlahnya tertentu berbeda antara anak laki-laki dan perempuan. Aqiqah untuk anak laki-laki biasanya menyembelih 2 ekor kambing atau domba. Sedangkan untuk aqiqah anak perempuan cukup 1 ekor saja. Kambing atau domba yang disembelih pun harus bagus dan sehat. Dengan begitu proses akikah menjadi lebih berkah.

Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk menemukan kambing aqiqah sehat seperti apa. Maka beberapa cara berikut ini bisa membantu Anda.

  1. Perhatikan Gigi & Kuku

Kambing atau domba sehat bisa dilihat dari bagaimana struktur gigi. Untuk kambing atau domba sehat tentunya memiliki rahang gigi kuat, karena gigi berfungsi untuk mengunyah makanan. Juga perhatikan bagaimana kondisi kuku hewan ternak tersebut. Apakah bersih atau tidak. Kebersihan kuku kambing menjadi salah satu indikasi sehat atau tidaknya hewan tersebut. Kuku hewan ternak yang bersih menandakan terbebas dari cacing. Juga menandakan bahwa hewan tersebut dipelihara dan dirawat dengan baik. Bayangkan jika kambing atau domba tersebut ternyata terjangkit cacing. Hal ini tentunya tidak baik untuk kambing itu sendiri atau ketika diolah untuk disajikan menjadi makanan.

  1. Memeriksa Mata

Kemudian Anda juga harus memperhatikan bagaimana mata kambing atau domba yang akan dibeli. Apabila mata bisa fokus dan melihat dengan jelas. Bisa dipastikan jika hewan ternak tersebut kondisinya baik. Pandangan mata fokus menandakan jika kambing atau domba bisa melihat secara jelas. Apabila Anda menemukan hewan ternak yang matanya merah. Ada baiknya untuk tidak memilih karena bisa jadi hewan tersebut sedang tidak dalam keadaan sehat.

  1. Memperhatikan Punggung Kambing

Banyak orang yang membeli kambing dengan ukuran besar dengan harapan bisa mendapatkan daging dalam jumlah besar. Namun terkadang perkiraan tersebut menjadi salah kaprah. Jika ingin mendapatkan daging kambing banyak, maka bisa melihat bagian punggung dan paha. Jadi usahakan untuk memilih kambing yang berukuran besar. Sebab punggung yang besar aka menandakan jika kambing tersebut memiliki daging banyak. Dengan daging kambing banyak, maka bisa menghasilkan porsi yang banyak. Berat kambing ideal yang cukup umur adalah 30 – 40 kg untuk aqiqah. Apabila beratnya lebih, maka jadi lebih baik.

  1. Jangan Membeli Daging Potong

Anda harus ingat bahwa sunah aqiqah adalah memotong hewan ternak. Jadi bukan membeli daging potong. Jika Anda tetap kekeh untuk membeli daging kambing potong malah bisa mendatangkan resiko. Ini dikarenakan Anda tidak tahu bagaimana proses pemotongan kambing atau domba tersebut sesuai syariat atau tidak. Jika tidak disembelih sesuai syariat dengan menyebut nama Allah. Maka membuat daging kambing tidak halal dan kurang berkah untuk dikonsumsi.

  1. Tidak Mudah Tertipu Harga

Harus diketahui terlebih dahulu bahwa harga mahal terkadang tidak menjamin bisa mendapatkan kambing atau domba aqiqah yang baik. Oleh karena itu sangat disarankan untuk bisa memilih kambing sesuai anggaran. Anda bisa meminta rekomendasi teman atau kerabat untuk mencarikan ternak kambing yang benar-benar tepat. Atau juga bisa mencari lewat media social.

Tips Memilih Layanan Aqiqah yang Berpengalaman

Bagi Anda yang ingin menyelenggarakan acara aqiqah, namun masih repot dengan hal lainnya. Ada satu cara yang bisa digunakan untuk memudahkannya. Yakni bekerja sama dengan layanan aqiqah setempat. Namun untuk menemukan layanan akikah yang tepat bukan hal mudah. Nah berikut ini beberapa tips untuk menemukan layanan aqiqah berpengalaman dan terpercaya.

  • Meminta Rekomendasi

Cara paling ampuh untuk menemukan jasa aqiqah berpengalaman dan terpercaya adalah dengan meminta rekomendasi. Anda bisa meminta rekomendasi dari teman atau kerabat yang sebelumnya sudah menggunakan jasa aqiqah. Mereka yang sudah menggunakan jasa aqiqah ini biasanya bisa memberikan informasi tepat. Selain itu Anda juga bisa bertanya mengenai beberapa hal terkait jasa aqiqah yang direkomendasikan. Misalnya bertanya bagaimana pelayanan, menu dan rasa masakan, serta biaya per paket.

  • Memperhatikan Pelayanan & Layanan

Kemudian Anda juga harus membuat pertimbangan yang matang mengenai pelayanan yang ditawarkan oleh jasa aqiqah. Terkadang setiap jasa aqiqah bisa memberikan pelayanan dan layanan berbeda-beda. Bayangkan jika Anda mendapatkan pelayanan kurang menyenangkan, hal ini tentu akan membuat kurang nyaman. Jasa aqiqah yang baik biasanya akan memberikan pelayanan terbaik untuk setiap calon konsumennya. Dimana mereka bisa memberikan penjelasan secara rinci mengenai layanan apa saja yang disiapkan dan hal lainnya.

  • Mengetahui Varian Paket Aqiqah

Selanjutnya dari segi paket aqiqah yang ditawarkan oleh jasa aqiqah pun juga perlu untuk diperhatikan. Antara satu paket aqiqah dengan paket aqiqah lainnya bisa berbeda. Jadi ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu varian paket apa saja yang ditawarkan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memilih dan menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia tentunya. Jangan memilih paket aqiqah yang harganya lebih mahal dari anggaran yang ada.

  • Memastikan Pengantaran Tepat Waktu

Selain itu juga Anda harus memastikan bahwa pengantaran pesanan paket akikah bisa tepat waktu. Tentunya sebagai konsumen, Anda tidak ingin menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pesanan bukan. Terlebih lagi jika paket aqiqah terlambat diantarkan bisa berpotensi basi di perjalanan. Pastinya juga Anda tidak ingin memberikan makanan basi kepada orang lain bukan? Untuk mengetahui apakah proses pengantaran tepat waktu dari suatu jasa akikah. Maka bisa dilihat dari testimoni konsumen sebelum Anda.

  • Menyediakan Garansi

Juga Anda harus memastikan dengan baik apakah jasa aqiqah tersebut menyediakan garansi atau tidak. Jika jasa aqiqah yang dipilih menyediakan garansi, artinya jasa tersebut berpengalaman dan benar-benar bertanggung jawab jika ada cacat produk. Namun garansi ini tentunya dibuat dengan kesepakatan bersama supaya salah satunya tidak merugi. Adanya garansi juga membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan aman selama melakukan kerja sama.